KOTA, SIDOARJONEWS.id — Pemkab Sidoarjo memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan kinerja terbaik di tahun 2023.
Berikut data ketiga dinas atau badan dengan kinerja terbaik.
Peringkat pertama, diraih Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD). Kedua, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Dan, ketiga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).
Pemberian penghargaan ini diserahkan oleh Pj. Sekertaris Daerah (Sekda), Andjar Surjadianto, di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (17/1/2024).
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, meminta capaian kinerja dari perangkat daerah untuk terus ditingkatkan. Karena semakin baik, maka masyarakat akan semakin terlayani secara prima.
“Saya meminta seluruh OPD dapat terus meningkatkan kinerjanya dari tahun ketahun agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah dengan pelayanan publik yang baik yang kita berikan,” katanya.
Gus Muhdlor, sapaan akrabnya, menambahkan dalam meningkatkan pelayanan harus banyak melakukan inovasi. Sebab, tambahnya, saat ini sudah masuk era digital. Sehingga, dibutuhkan pelayan yang mudah dan serba cepat.
Menurutnya, penerapan pelayanan digital menjadi jawaban akan pelayanan publik yang prima.
“Pelayanan digital sudah menjadi tuntutan masyarakat yang harus diwujudkan saat ini, bila pelayanan secara digital itu diterapkan, maka zona integritas WBK-WBBM akan mudah diraih,” ujarnya.
Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada Sakip (Sistem Akuntabilitas Kinerja instansi Pemerintah Daerah) tahun 2023, penghargaan pelayanan publik 2023 serta penghargaan penilaian Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) 2023.
Untuk kategori kecamatan, peringkat pertama penghargaan kinerja perangkat daerah tahun 2023 diberikan kepada Kecamatan Sukodono, peringkat kedua, Kecamatan Taman, dan peringkat ketiga, Kecamatan Sidoarjo.
Untuk penghargaan Sakip 2023, peringkat pertama diberikan kepada RSUD Sidoarjo. Peringkat kedua, diberikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Dan, peringkat ketiga, diberikan kepada Inspektorat.
Untuk penghargaan pelayanan publik kategori role model pelayanan publik nasional diberikan kepada RSUD Sidoarjo sebagai peringkat pertama. Sedangkan, peringkat kedua, diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Untuk peringkat ketiga, diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP)
Dan, selanjutnya, untuk penghargaan pelayanan publik kategori BUMD diberikan kepada BPR Delta Artha.
Penghargaan yang terakhir yakni penghargaan penilaian Survey Kepuasan Masyarakat, terbaik pertama diberikan kepada RSUD Sidoarjo. t
Terbaik kedua, diberikan kepada Puskesmas Gedangan.terbaik ketiga diberikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD). (Ipung)
Tolong untuk PDAM terutama yg menjadi pelanggan di Kawasan Tawangsari untuk menjadi perhatian yg serius Air keluarnya sangat kecil sekali sampai gak bisa naik ke tempat penampungan Air di Kamar Mandi kita hanya kebagian di Malam hari aja sampai jam 04.00 subuh..saya di Sukolegok Desa Suko Kec. Sukodono daerah sebelah Barat Tol sekali lagi tolong Bapak Bupati untuk menjadi perhatian kami Capek karena keluhan kami tidak pernah di respon/di dengar
Semoga bisa menjadi media Penyeimbang n jembatan informasi antara warga sda dengan pemerintahan kabupaten sidoarjo khususnya.
Tambahan jg utk PDAM Sidoarjo.. Kami yg tinggal di wilayah tol Waru terutama wilayah kami yaitu D Spring off Tomorrow yg dilintasi pipa air dari Umbulan knp air Umbulan tdk mengalir ke perumahan kami, sedangkan kami butuh air bersih bukan wilayah lain? Jika PDAM transparan seluruh wilayah Sidoarjo teralirkan air Umbulan yg melimpah ruah bukan air dari Tawangsari… Terima kash