KOTA, SIDOARJONEWS.id –Pelayanan Puskesmas Buduran beberapa waktu lalu sempat mendapatkan sorotan dari sejumlah netizen di media sosial. Dalam postingan akun Instagram Bupati Sidoarjo, seorang netizen mengeluhkan perihal pelayanan yang berhenti pada pukul 11.00 WIB.
Dalam postingan launching sistem informasi kesehatan Puskesmas terpusat (Si Kuat), seorang netizen dengan akun @wakcekyk mengatakan kalau pelayanan puskesmas di Buduran hanya sampai pukul 11.00 WIB.
“Jam pelayanan Puskesmas Buduran terlalu pendek, jam 11 wes buyar gus. Tolonglah diperpanjang,” tulisnya dalam kolom komentar akun Instagram pribadi Bupati Sidoarjo @ahmadmuhdlorali
Komentar itu kemudian dipertegas oleh akun lain yang bernama @sadewon_kev. Dia menyebut apa yang disampaikan oleh akun @wakcekyk itu benar. “Benar iku gus. Kerjo arep-arep mulih ae,” tambahnya.
Komentar-komentar itu kemudian direspon langsung oleh Ahmad Muhdlor dengan men-tag akun Kadinkes Sidoarjo, Fenny Apridawati (@fennyaprdwt). Dari tag itu, Fenny menyebut dirinya bakal segera menindaklanjuti.
Ditemui dalam acara penanggulangan TBC di Hotel Luminor, Fenny mengaku pada saat mendengar kabar itu, dia tengah rapat bersama BKD. Usai rapat itu, dia mengaku segera meluncur ke Puskesmas Buduran guna mengecek kebenarannya.
“Saya minta semua dikumpulkan dan saya minta untuk buka akses CCTV Puskesmasnya. Dari rekaman CCTV itu kami tahu kalau sampai jam 12.00 WIB lebih, Puskesmas di sana masih melayani,” kata Fenny, Kamis (5/1/2023).
Fenny menambahkan, usai memastikan Puskesmas itu melayani hingga pukul 12.00 WIB tersebut, dia berinisiatif untuk menghubungi akun Instagram yang bersangkutan. Hanya saja sampai detik ini, akun Instagram tersebut tidak memberikan respon apapun.
“Kami minta untuk dikontak itu tujuan kami yang pertama adalah kami ingin meminta maaf atas pelayanan yang kurang memuaskan. Kemudian yang kedua kami ingin memastikan apakah keluhan itu benar terjadi,” ucapnya.
Dia melanjutkan, alasan menghubungi akun yang bersangkutan itu adalah semata-mata untuk melakukan perbaikan pada sistem pelayanan puskesmas. Harapannya, ke depan, Pemkab bisa semakin lebih baik dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. (Dimas)