KOTA, SIDOARJONEWS.id — BPJS Kesehatan tidak pernah berhenti memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada peserta yang terus diwujudkan melalui pelayanan digital. Salah satu produk unggulan BPJS Kesehatan untuk peserta adalah Aplikasi Mobile JKN.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Yessy Novita mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pentingnya memiliki Aplikasi Mobile JKN dan memanfaatkan fitur yang telah tersedia.
“Fitur yang ada pada Mobile JKN sangat lengkap, mulai dari Info Program JKN, Pendaftaran Peserta Baru, Perubahan Data Peserta, Info Iuran, Antrean, Konsultasi Dokter, Pengaduan Layanan JKN, Info Ketersediaan Tempat Tidur, Info Jadwal Tindakan Operasi, Skrining Riwayat Kesehatan sampai Rencana Pembayaran Bertahap,” kata Yessy, Selasa, (8/11/2022).
Selanjutnya, Yessy menambahkan bahwa hal ini berdampak sangat baik dan memudahkan peserta JKN karena peserta JKN tidak perlu mengantri lama dan mengisi berbagai berkas di Kantor BPJS Kesehatan. Cukup dengan memanfaatkan fitur yang ada di Mobile JKN semuanya akan lebih cepat dan bisa diakses melalui smartphone masing-masing.
“Sangat penting untuk kami terus memberikan pemahaman kepada peserta untuk dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Kami terus berupaya meningkatkan penggunaan Mobile JKN di wilayah Kabupaten Sidoarjo, untuk peserta JKN yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo kami akan tanyakan keperluannya terlebih dahulu dan apabila dapat dilakukan dengan Mobile JKN kami arahkan untuk menggunakan Mobile JKN saja,” ujar Yessy.
Dalam berbagai kesempatan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo terus menyebarkan penggunaan Mobile JKN termasuk kepada Badan Usaha. Person In Charge (PIC) Badan Usaha diberikan sosialisasi untuk mengajak seluruh tenaga kerja yang ada pada Badan Usahanya melakukan download Mobile JKN. Person in Charge (PIC) PT Panca Pilar Hutama, Ina menyatakan akan melakukan internalisasi kepada seluruh peserta JKN di Badan Usahanya untuk memanfaatkan fitur di Mobile JKN.
“Alhamdulillah ini pengetahuan tambahan untuk saya yang akan saya sharing kepada semua tenaga kerja supaya mereka juga tidak kesusahan kalau mau periksa ke dokter atau konsultasi yang urgent namun sakitnya ga perlu dibawa ke rumah sakit bisa memanfaatkan fitur Konsultasi Dokter di Aplikasi Mobile JKN,” kata Ina.
Ina juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memfasilitasi aplikasi Mobile JKN yang sangat berguna ini. Ia merasa selama ini pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) sangat baik dan menciptakan hubungan yang harmonis.
“Saya sangat berterima kasih ya BPJS Kesehatan terus memberikan layanan terbaik untuk PPU BU, apalagi sekarang ditambah dengan fitur di Mobile JKN yang juga ada Skrining untuk mengetahui riwayat kesehatan ini sangat berguna agar semua bisa mencegah penyakit kronis. Fitur pengambilan nomor antrean secara online ini juga harus saya infokan karena bisa memudahkan sekali buat para pekerja juga bisa menghemat waktu,” tutup Ina. (*/Ardian).