SIDOARJONEWS.id – Imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk bekerja di rumah (Work From Home) serta kebijakan mereka untuk meliburkan sekolah, membuat trafik data PT XL Axiata mengalami lonjakan signifikan.
Di Jawa Timur, lonjakan tercatat sebesar 15 persen. Angka ini lebih besar dari lonjakan trafik rata-rata secara nasional yang dicatat pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center XL Axiata, yakni sebesar 10 persen.
“Khusus di Jawa Timur, Kabupaten Ngawi mencatat kenaikan tertinggi sebesar 15 persen,” ujar I Gede Darmayusa, Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata melalui pernyataan tertulis, Senin (23/3/2020).
Dia mengatakan, akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48 persen.
Secara Nasional, Layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48 persen, Netflix 46 persen, Facebook 11 persen, Whatsapp 10 persen dan Mobile Legend 8 persen.
“Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354 persen, Brainly 84 persen, Zenius 54 persen, dan Udemy 44 persen,” jelas Gede.
Katanya lagi, program dukungan XL Axiata dengan memberikan free 2GB per hari untuk akses ke layanan data tertentu juga telah dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan di berbagai daerah.
“Kami akan terus memantau situasi dan kondisi yang ada untuk menyiapkan jaringan lebih lanjut sebagai antisipasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang muncul di hari-hari mendatang,” ujarnya.
Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, XL belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal.
“Meski demikian, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan,” ujarnya.
Selain itu, XL Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan dengan mengerahkan semua kemampuan seperti layaknya saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran.
Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar.
“Kami akan terus berusaha menjaga performa jaringan di seluruh wilayah Jatim seiring dengan makin gencarnya upaya pemerintah provinsi dan kota/kabupaten menyerukan social distancing atau tetap tinggal di rumah saja kepada seluruh warga,” tambah Bambang Parikesit, Group Head XL Axiata East Region.(HUT)