KOTA, SIDOARJONEWS.id – Layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) menjadi salah satu inovasi layanan dari BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. Layanan yang diluncurkan di masa pandemi ini bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
Layanan berbasis chat whatsapp di nomor 085806227043 ini pun menuai pujian dan apresiasi dari masyarakat.
Salah satunya dari Suci Vina Tauchidah. Warga Waru ini mengetahui adanya layanan Pandawa setelah menelepon call center BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. Oleh operator, ia diminta untuk menggunakan layanan Pandawa untuk keperluannya mengurus perubahan segmen kepesertaan.
Begitu ia mengirim pesan melalui nomor whatsapp Pandawa, ia mendapatkan pesan balasan otomatis berisi pilihan layanan. Setelah memilih jenis layanan, operator BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo menghubunginya melalui nomor lain. Operator akan menjelaskan persyaratan yang dibutuhkan seperti foto KK, foto kartu BPJS, dan lainnya. Semua syarat tersebut dikirimkan melalui whatsapp pula.
“Sebelumnya sudah saya siapkan foto-foto persyaratannya, jadi bisa langsung dikirim sesuai yang dibutuhkan operator,” ujarnya.
Setelah semua persyaratan ia kirimkan, kurang lebih dalam waktu 1-2 jam, operator menghubunginya kembali untuk memberitahukan bahwa permintaan perubahan segmen kepesertaannya telah berhasil dilakukan.
Gadis 26 tahun ini mengaku senang dengan inovasi dari BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. Menurutnya, melalui layanan Pandawa, mengurus BPJS bisa dilakukan dengan lebih praktis dan singkat.
“Kalau dulu sebelum pandemi kan harus datang ke kantor, antre panjang. Sekarang hanya dengan chat whatsapp dari rumah sudah bisa,” jelasnya.
Ia berharap layanan Pandawa ini tidak hanya diberlakukan semasa pandemi saja. Kelak setelah pandemi berakhir, seharusnya BPJS maupun instansi pemerintahan lainnya tetap mempertahankan layanan berbasis daring ini.
Terkait harapan tersebut, Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Dody Widodo, mengatakan bahwa BPJS berupaya memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan terus mengevaluasi jalannya layanan PANDAWA.
“Bila layanan tersebut diterima baik oleh masyarakat, maka akan terus dipertahankan. Intinya kami akan terus mengevaluasi layanan demi kepuasan dan kemudahan para peserta BPJS,” tandasnya. (affendra firmansyah)