KOTA, SIDOARJONEWS.id — Pengalaman memuaskan menggunakan Mobile JKN dirasakan langsung oleh Heri Prasetio, salah seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Melalui Mobile JKN, banyak kemudahan yang ia rasakan.
Salah satunya saat hendak mengantarkan saudaranya berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut atau rumah sakit.
Melalui Mobile JKN, peserta JKN bisa mengetahui ketersediaan bed di Rumah Sakit yang menjadi rujukan hanya lewat ponsel. Sehingga tidak perlu lagi merasa was-was kehabisan bed ketika hendak berangkat ke Rumah Sakit rujukan.
“Kalau dulu sebelum ada fitur ini, seringkali ketika hendak berobat ke Rumah Sakit khawatir kehabisan bed. Itu juga pernah saya rasakan dulu, sampai harus pindah-pindah Rumah Sakit karena bed penuh,” ujar Heri
Heri melanjutkan, kini dengan Mobile JKN ia bisa mengakses informasi ketersediaan bed Rumah Sakit di sekitar domisilinya. Hebatnya lagi, informasi yang tertera di Mobile JKN merupakan kondisi real time di Rumah Sakit.
Sebab, sistem Mobile JKN tersinkronisasi dengan sistem di Rumah Sakit. Ketika ada penambahan atau pengurangan ketersediaan bed, akan terkoneksi pula dengan Mobile JKN.
Sistem ini juga mendukung transparansi rumah sakit terhadap para peserta JKN. Serta menjamin para peserta JKN KIS mendapat pelayanan medis setara dengan pasien umum.
“Jadi sekarang kalau saya, keluarga, atau saudara yang harus dirujuk ke Rumah Sakit tinggal cari tahu ketersediaan bed di rumah sakit rujukan. Mana yang tersedia, baru berangkat ke sana. Tidak perlu lagi khawatir ditolak karena alasan bed penuh,” ujarnya.
BPJS Kesehatan selaku pelaksana Program JKN terus melakukan inovasi. Tak hanya di bidang pelayanan kesehatan di faskes-faskes yang bekerja sama dengannya, namun juga di bidang inovasi digital. Beragam fitur kini disematkan di aplikasi Mobile JKN. Fitur-fitur tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada peserta, sebagaimana dituturkan Heri yang merasa sangat berterima kasih dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini.
“Terima Kasih BPJS Kesehatan telah melakukan inovasi dengan menciptakan mobile JKN ini karena sangat membantu saya dan peserta JKN lainnya terutama dalam memberikan kejelasan terhadap fasilitas layanan dari Program JKN melalui fitur-fitur yang telah disediakan.”tutup Heri. (Affendra F)