KOTA, SIDOARJONEWS.id – Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo kini tak lagi mengharuskan tatap muka.
Di masa pandemi ini, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo meluncurkan layanan Pandawa sebagai upaya mengurangi kontak fisik di kantor pelayanan. Memang sebelum pandemi, kantor BPJS yang terletak di Jalan Pahlawan ini terkenal ramai setiap harinya.
Nama Pandawa sendiri merupakan akronim dari Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp. Meskipun sudah memiliki mobile JKN, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo juga memanfaatkan Whatsapp sebagai penghubung antara peserta BPJS dan petugas.
Menurut Dody Widodo, Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, penggunaan aplikasi whatsapp dikarenakan hampir semua masyarakat mengenal dan memilikinya di gawai masing-masing.
“Kalau whatsapp kan semua orang pasti memiliki di gawainya. Sehingga memudahkan bagi mereka. Tapi selain melalui Pandawa, layanan BPJS juga bisa diakses melalui Mobile JKN. Sedangkan informasi tentang BPJS juga bisa melalui CHIKA (Chat Assistant JKN) atau call center 1500 400,” jelasnya, Selasa (15/9).
Sebetulnya layanan PANDAWA ini serentak ada di semua kota. Khusus di Sidoarjo layana ini dapat diakses melalui chat whatsapp di nomor 085806227043, jenis pelayanan yang disediakan di antaranya Pengurangan anggota keluarga, Perubahan puskesmas/dokter/klinik, Perubahan kelas rawat, Perubahan identitas, Pengaktifan atau penonaktifan WNI dari dan ke luar negeri, Cetak kartu, Pendaftaran PBPU baru, Perubahan data PNS/TNI/Polri, Pengaktifan kembali kartu anak PPU di atas 21 tahun, serta Pendaftaran bayi baru lahir
“Jadi, di masa pandemi ini kan kita berusaha mengurangi jumlah peserta BPJS yang datang ke kantor. Melalui layanan PANDAWA ini para peserta bisa mengurus keperluannya dari rumah masing-masing,” ujar Dody.
Dody melanjutkan, sedangkan bagi peserta PBI dan pensiunan dipersilakan mengurus keperluannya di kantor layanan. Hal ini dikarenakan umumnya, peserta pensiunan yang telah lanjut usia kesulitan menggunakan gawai untuk mengakses layanan PANDAWA.
Karena baru minggu lalu diluncurkan, belum banyak peserta BPJS yang mengetahui layanan PANDAWA. Hal ini terlihat masih banyak nasabah yang mendatangi kantor pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. Di depan kantor pelayanan telah ada dua orang satpam yang akan menginformasikan kepada para nasabah untuk menggunakan layanan Pandawa.
“Iya, karena baru diluncurkan minggu lalu. Tapi saat ini kami sedang gencar-gencarnya mempublikasikan layanan PANDAWA ini. Salah satu caranya dengan menggandeng para awal media,” tutur Dody.
Masyarakat juga tidak perlu khawatir menunggu lama, para petugas diharuskan membalas chat dalam waktu kurang dari 60 menit. Jadi, begitu peserta BPJS mengirimkan chat, dalam waktu kurang dari 60 menit akan ada petugas yang melayani mengurus keperluan peserta hingga tuntas.
“Kami juga bekerja sama dengan Kantor Pos untuk mengirimkan Kartu BPJS ke alamat peserta, bagi yang mendaftar baru. Semua pelayanan tersebut tidak dipungut biaya. Peserta hanya membayar iuran bulanan saja,” ujarnya.
Layanan Pandawa yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo menjadi salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Tak hanya itu, dengan adanya layanan ini, peserta BPJS juga semakin mudah dan praktis mengakses layanan. Sudah sepatutnya inovasi layanan ini kita sambut dan dukung dengan penuh. (affendra firmansyah)